Easycash Tingkatkan Literasi Keuangan Lewat Fintech Lending Days 2024

dicky

15 May 2024

Easycash (PT Indonesia Fintopia Technology) berkunjung kembali ke kota Medan, Sumatera Utara, untuk mendukung acara Fintech Lending Days 2024 yang diselenggarakan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Program peningkatan literasi keuangan yang juga didukung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kali ini berfokus pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang ada di Sumatra Utara dan sekitarnya.

Program ekshibisi yang tampilkan para pelaku teknologi finansial dan UMKM

booth easycash di AFPI Fintech Lending Days 2024

Acara utama Fintech Lending Days 2024 digelar pada awal Mei lalu (07/05) berlokasi di Convention I Ballroom Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Sumatera Utara. Tercatat sekitar 17 pelaku komunitas UMKM yang bernaung di organisasi wilayah Sumatera Utara dan 33 perusahaan Fintech lending berpartisipasi dalam acara itu. Setiap partisipan membuka booth agar bisa berinteraksi langsung untuk memperkenalkan beragam produknya kepada para pengunjung.

BACA JUGA: Program Literasi "Muda Paham Fintech" di Politeknik Negeri Medan

Pengunjung yang terdiri dari komunitas UMKM, mahasiswa, dan masyarakat umum tampak begitu antusias menghampiri berbagai booth dari partisipan pameran. Tak terkecuali booth Easycash yang berada di sudut dekat panggung, kerap didatangi pengunjung yang berniat untuk melakukan registrasi atau mendapatkan merchandise menarik.

Talkshow edukatif tentang pendanaan alternatif melalui fintech p2p lending untuk UMKM

talkshow pendanaan alternatif lewat fintech p2p lending

Acara utama dibuka dengan hiburan lagu dan tarian tradisional khas Sumatra Utara. Entjik S. Djafar, selaku Ketua Umum AFPI dan perwajilan dari OJK tampil ke panggung untuk memberikan sambutan.

Setelah seremoni pembukaan dan foto bersama, acara dilanjutkan dengan sebuah program bincang-bincang bertopik “Pendanaan Alternatif UMKM Sumatra Utara Melalui Fintech P2P Lending”. Kuseryansyah, selaku Ketua Bidang Hubungan Masyarakat AFPI didapuk sebagai moderator. Narasumber yang tampil di atas panggung, antara lain: Ade Mora Nasution (Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia kota Medan), Irfan Sanusi Sitanggang (Direktur Pengembangan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan ModaL Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan LJK lain dari OJK), dan Moh Eka G. Sukmana (Pelaksana Tugas Direktur Pengawasan Usaha Pembiayaan Berbasis Teknologi OJK).

Ketika sesi tanya jawab dengan audiens dibuka, banyak partisipan yang mengajukan beragam pertanyaan. Antusiasme ini tampak merefleksikan minat masyarakat seputar layanan Fintech P2P Lending. AFPI mencatat per Februari 2024, terdapat penyaluran khusus Fintech Lending ke Sumatra Utara dengan akumulasi pinjaman mencapai Rp19,5 Triliun.

Parade perkenalan produk UMKM Sumatra Utara

parade perkenalan produk UMKM Sumatra Utara

Usai talkshow, pembawa acara mengajak audiens untuk menikmati sesi berikutnya: Perkenalan UMKM dan produknya. Partisipan yang berasal dari komunitas UMKM tampil di atas panggung memperkenalkan produk usahanya. Dari produk makanan, bingkisan, hingga produk kriya, semuanya berhasil menarik perhatian para pengunjung.

BACA JUGA: Audiensi Tim Regulatory & Compliance Easycash di Kantor OJK Sumatra Barat

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang door prize. Tersedia beragam hadiah menarik, dari sepeda motor listrik hingga microwave, yang diberikan kepada audiens yang beruntung.