5 Strategi Digital Marketing yang Efektif Untuk Pengembangan Bisnis

dicky

27 Maret 2024

Digital marketing adalah salah satu strategi pengembangan bisnis yang efektif dan efisien. Tak heran bila berbagai usaha kini sudah menerapkannya. Penasaran ingin lebih tahu tentang strategi digital marketing? Simak artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?

Kerap didengungkan, namun tidak sedikit yang belum paham dengan konsepnya! Digital marketing adalah bentuk perencanaan bisnis yang memanfaatkan saluran digital. Strategi ini bisa menggunakan layanan yang gratis atau berbayar.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Strategi digital marketing belakangan ini semakin berkembang karena banyak diaplikasikan oleh berbagai bentuk bisnis dan usaha. Dibandingkan dengan strategi konvensional, digital marketing dianggap lebih efisien. Strateginya juga sudah diakui efektif dalam menjangkau lebih banyak audiens dengan cepat.

5 Strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis

5 strategi digital marketing untuk pengembangan bisnis

Ada banyak strategi yang digunakan dalam digital marketing. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Search Engine Optimization (SEO)

Secara singkat, strategi SEO ini bisa dikatakan sebagai cara untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari secara organis. Cara ini wajib hukumnya digunakan oleh berbagai bisnis yang mengandalkan website.

Dengan memproduksi konten yang menggunakan optimisasi keyword, kamu bisa membuat website-mu mencapai laman pertama di kanal pencarian. Strategi SEO sendiri terdiri dari 3 teknik: optimasi dalam website (optimasi onsite), optimasi membangun backlink (optimasi off-site), dan optimasi teknis website.

Search Engine Marketing (SEM)

Strategi ini menggunakan iklan berbayar untuk muncul di hasil mesin pencari. Ini bisa dijadikan cara yang ampuh untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website.

Ketika beriklan di mesin pencari, iklan akan muncul di bagian atas laman hasil pencarian. Ongkos strategi ini dihitung dari jumlah klik yang didapatkan.

Social Media marketing

Siapa yang tidak menggunakan media sosial sekarang ini? Tak heran bila banyak bisnis yang menggunakan media sosial untuk mempererat hubungannya dengan konsumen potensial sekaligus menguatkan brand awareness.

Untuk strategi di media sosial, kamu bisa memulainya dengan pembuatan konten yang berguna secara berkala. Jika ada budget untuk meningkatkan engagement, kamu bisa memanfaatkannya untuk iklan berbayar.

Email marketing

Strategi marketing ini menggunakan email untuk menggiring calon konsumen ke website. Cara promosi lewat email biasanya digunakan jika ada promosi khusus yang tengah berlangsung di website kamu.

Untuk memeriksa apakah strategi ini berjalan baik atau gagal, kamu bisa menggunakan kode untuk potongan harga. Calon konsumen nantinya bisa menggunakan kode promosi untuk transaksi di website.

Nilai konversi ini bisa jadi tolak ukur dari keberhasilan kampanye email marketing yang kamu jalankan.

Content marketing

Ini adalah strategi yang berfokus pada produksi konten untuk memperkenalkan bisnis kepada audiens yang lebih luas. Konten yang diproduksi bisa beragam, dari artikel, video, infografis, dan masih banyak lagi.

Konten yang relevan dan bermanfaat biasanya akan disukai oleh audiens. Ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan organic traffic yang baik ke website-mu sekaligus menguatkan brand awareness.

Tips mengaplikasikan digital marketing untuk pengembangan bisnis

tips mengaplikasikan strategi digital marketing untuk pengembangan bisnis

Tertarik untuk menggunakan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnismu? Simak dulu beberapa tips-nya di bawah ini:

Tentukan tujuan dan sasaran

Pahami terlebih dulu, apa tujuan yang ingin kamu sasar lewat pengaplikasian strategi digital marketing. Apakah kamu ingin meningkatkan brand awareness atau konversi penjualan.

Pemahaman mendasar ini bisa membantu kamu dalam memilih strategi digital marketing yang tepat. Kamu juga terhindar dari pemborosan pengeluaran jika ternyata cara yang kamu pilih itu tidak berjalan baik.

Tentukan target audiens yang jelas

Biasanya, target audiens dan konsumen di dunia nyata bisa sama atau sedikit menyerupai. Pemahaman tentang target audiens bisa membantu kamu dalam produksi konten atau bahkan pemilihan platform yang sesuai.

Misalnya, kalau target audiens bisnismu itu adalah generasi Z. Kamu bisa mengoptimalkan produksi konten dan penggunaan iklan berbayar di platform media sosial TikTok.

Lakukan riset kompetitor

Tidak ada salahnya mengamati strategi yang dilakukan oleh competitor bisnismu. Ini bisa membantu kamu dalam pembuatan promosi yang lebih baik.

Perhatikan juga platform apa saja yang digunakan oleh pesaing bisnismu. Jangan lupa amati strategi digital marketing berbayar apa yang mereka gunakan.

BACA JUGA: 9 Ide Jualan Online Tanpa Modal Besar Untuk Pemula

Nah, itulah 5 strategi digital marketing yang berguna untuk pengembangan bisnis. Jika kamu butuh solusi untuk kebutuhan mendadak. Easycash yang sudah berizin dan diawasi OJK bisa jadi solusinya.