Easycash Bersama OJK dan AFPI Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di Labuan Bajo

dicky

10 Agustus 2023

Easycash bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), dan beberapa platform pendanaan digital lainnya baru saja menggelar acara sosialisasi literasi keuangan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Acara yang diadakan di Politeknik ElBajo Commodus ini dihadiri oleh ratusan partisipan yang terdiri dari mahasiswa, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan tenaga pengajar di Labuan Bajo.

Kegiatan sosialisasi literasi keuangan di Politeknik ElBajo Commodus dibuka oleh Entjik S. Djafar, Ketua Bidang Edukasi, Literasi, dan Riset Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI), diiringi juga dengan pidato pembukaan dari Tris Yulianta selaku Direktur Pengawasan Financial Technology Otoritas Jasa Keuangan. Yulian Pauli Fardani, S.Si selaku Sekretaris Direktur dari Politeknik ElBajo Commodus, turut mengungkapkan antusiasmenya terhadap acara literasi keuangan itu dalam sambutannya.

Seremoni pembukaan dilanjutkan dengan pembagian plakat dari OJK dan AFPI kepada masing-masing platform pendanaan digital yang menjadi partisipan.

Literasi keuangan di Labuan Bajo

Pada sesi bertajuk Cerdas Pakai Fintech, Wildan Kesuma, Head of Corporate Affairs Easycash, menyampaikan materi tentang pentingnya literasi keuangan sebelum mengambil keputusan yang bisa mempengaruhi kondisi keuangan para peserta.

“Platform pendanaan digital bisa menjadi solusi bagi masyarakat tidak mendapatkan fasilitas perbankan. Namun, sebelum memutuskan menggunakan platform pendanaan digital, masyarakat harus mempertimbangkan terlebih dahulu kepentingan kebutuhan yang akan dipenuhi serta kemampuan melunasinya,” ujar Wildan. Ia juga menegaskan bahwa pinjaman melalui platform pendanaan digital tidak hanya bersifat konsumtif saja, namun juga bisa menjadi solusi untuk kebutuhan produktif, kesehatan, atau juga pendidikan.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada tahun 2022, tingkat literasi keuangan di Nusa Tenggara Timur (NTT) berada pada di angka 51,95%.

Lewat acara sosialisasi Cerdas Pakai Fintech, Easycash ingin berkontribusi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat NTT. Dengan pengetahuan yang mumpuni, masyarakat dapat menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan, serta menggunakan fasilitas keuangan digital lainnya yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.